Home » » Kelebihan dan Kekurangan Android yang di Root

Kelebihan dan Kekurangan Android yang di Root

Kelebihan dan Kekurangan Android yang di Root - Buat pengguna Android kata kata Root mungkin sudah tidak asing lagi, tapi mungkin bagi pengguna baru Android pasti belum tau apa itu Root ? Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Pada dasarnya dengan melakukan Rooting pada Android, maka anda dapat menggunakan sistem operasi android anda secara maksimal. Karena di sini kita tidak dibatasi oleh suatu sistem yang sebelumnya menghalangi anda ketika android belum di root.

Berikut ini ada Kelebihan dan Kekurangan Root Android, yuk disimak:

Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Kekurangan Root Android

1. Dapat menghilangkan garansi handphone
Kenapa rooting Android dapat menghilangkan garansi? Root itu diibaratkan seperti “segel garansi”. Jika HP Anda mengalami kerusakan, misalnya speaker tidak berbunyi dan Anda membawa ke Service Center dengan kondisi ter-root, maka ada kemungkinan klaim garansi akan ditolak dan dikatakan bahwa ponsel rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak.

2. Masalah keamanan
Sebenarnya untuk yang satu ini masih menjadi perdebatan. Dikatakan bahwa dengan melakukan Root, maka aplikasi-aplikasi malware seperti virus atau Trojan dapat dengan mudahnya masuk ke file sistem dan melakukan pengrusakan atau melakukan pencurian data-data pengguna.

Kelebihan Root Android

1. Dapat Menginstall Aplikasi yang Membutuhkan Akses Root
Berikut adalah beberapa contoh aplikasi yang membutuhkan akses root yang paling banyak diinstall:
App2Card dan Link2SD: Dengan aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan semua aplikasi ke SD Card.

2. Dapat Menginstall Custom ROM
Apa itu custom ROM? Custom ROM adalah sistem operasi Android kustom (alternatif) atau bukan buatan vendor ponsel. Custom ROM dikembangkan oleh komunitas penggemar sistem operasi Android. Catatan: dengan melakukan root bukan berarti Anda dapat langsung melakukan instalasi Custom ROM, namun kebanyakan handphone Android membutuhkan akses root bila ingin diinstall custom ROM.

3. Dapat Melakukan Pengaturan Secara Maksimal
Keuntungan lain dengan melakukan root android salah satunya adalah kita dapat melakukan OverClock Processor. Tidak berbeda dengan PC, Android yang di overclock akan menjadi lebih cepat secara kinerja. Namun hal ini akan memaksa processor android anda bekerja lebih keras. Bisa lebih cepat memang iya, tapi efek sampingnya karena ini termasuk pemerkosaan maka processor anda akan berumur pendek. Terlebih lagi, dengan processor yang bekerja lebih keras. Maka panasnya akan mempengaruhi komponen lain dan membuat android anda cepat rusak.

4. Uninstal Aplikasi Bawaan Pabrik
Salah satu yang bisa saya bilang keuntungan dari rooting sistem operasi android adalah kita dapat melakukan uninstall aplikasi standart. Karena memang tidak semua aplikasi bawaan dari android akan kita gunakan. Jadi kita bisa melakukan uninstall jika diperlukan. Hanya jika diperlukan saja, karena terkadang beberapa aplikasi bawaan pabrik saling terkoneksi dengan aplikasi yang lain. Jika anda menghapus salah satu aplikasi tersebut maka akan membuat aplikasi yang terkoneksi menjadi tidak stabil bahkan gadget anda ikut terpengaruh.

Semoga informasi Kelebihan dan Kekurangan Root Android ini bisa membantu anda mengatasi masalah masalah di android.
Comments
0 Comments

Google+ Followers