Home » » 10 Cara Alami Mengobati Flu dan Batuk

10 Cara Alami Mengobati Flu dan Batuk

kukejar.com - Flu dan Batuk adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Baik dalam kondisi cuaca yang buruk maupun cerah. Flu dan batuk selain disebabkan oleh cuaca juga disebabkan oleh virus yang ada di sekitar lingkungan kita.

Flu dan batuk memanglah sangat mengganggu khususnya jika kita adalah orang yang aktif bekerja. Sebab akan menyerang syaraf dan mengakibatkan perasaan lemas serta kepala sakit. Oleh karena itu mengatasi flu batuk secara alami dan cepat akan dicari semua orang.

Sahabat klik cara yang mengalami dan menderita flu jangan khawatir lagi, di bawah ini ada cara alami untuk mengobati flu dan batuk secara cepat.
Ilustrasi Wanita Mengalami Flu dan Batuk
Berikut 10 Cara Alami Mengobati Flu dan Batuk

 1  Hembuskan Angin Melalui Lubang Hidung
Hidung yang tersebumbat merupakan sebuah penyiksaan yang terasa tiada akhir saat flu menyerang. Ada baiknya ketika hidung Anda mulai tersumbat, tutuplah satu lubang hidung dan hembuskan angin kuat-kuat darilubang hidung satunya, dan lakukan ini secara bergantian sehingga lender yang menyumbat dapat keluar. Namun hati-hati ketika melakukannya, ya. Hembusan yang terlalu kuat akan menyakiti hidung Anda.

 2  Minuman Air Hangat
Ketika flu menyerang, banyak cairan tubuh yang terbuang melalui ingus, ludah, dan keringat. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi banyak air. Air yang Anda konsumsi ini sebaiknya bersuhu hangat atau sedikit panas karena cairan hangat dapat mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang mengalami radang. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.

 3  Berkumur
Selain hidung, flu juga sangat mengganggu tenggorokan. Untuk itu, cobalah Anda berkumur dengan air hangat yang dicampur berbagai bahan rempah-rempah misalnya garam mineral, jahe, kunyit, cuka apel, atau kencur. Lakukan setidaknya empat kali sehari, maka tenggorokan akan terasa lebih ringan.

 4  Aroma Mentol
Oleskan minyak kayu putih atau balsam yang mengandung mentol di dekat lubang hidung. Memang akan terasa sedikit panas, namun mentol sangat membantu untuk menyembuhkan hidung tersumbat dan mencegah iritasi di sekitar lubang hidung.

 5  Konsumsi Cabai
Capsaicin, sebuah senyawa kimia yang terdapat dalam cabai terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung. Ketika flu mulai menyerang, cobalah mengkonsumsi sup dengan taburan lada atau makanan yang mengandung cabai.

 6  Teh, Jus Jahe dan Madu
Ambil ½ sendok teh jus jahe dengan ½ sendok teh madu, minum tiga kali sehari. .

 7  Bubuk Kunyit dan Madu
Tambahkan 1-2 gram bubuk kunyit yang telah disangrai dengan madu. Minum tiga kali sehari. Resep ini berguna untuk meredakan batuk.

 8  Minyak kayu putih, pinus Lavender
Tambahkan 5-10 tetes minyak kayu putih, peppermint, pinus, lavender, dan minyak pohon teh ke dalam mangkuk. Hirup uap dari mangkuk dalam-dalam.

 9  Air Hangat dan Vick VapoRub
Ambil satu baskom air panas dan campur dengan Vick VapoRub kemudian hirup uapnya. Cara ini akan meringankan flu.

 10  Jus Anggur dan Madu
Secangkir jus anggur dicampur dengan madu akan membantu meringankan batuk.

Terima kasih telah membaca 10 Cara Alami Mengobati Flu dan Batuk. Semoga artikel diatas dapat menyembuhkan atau mengurang flu dan batuk anda.

Baca juga : 10 Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

Comments
0 Comments

Google+ Followers