Home » » 10 Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

10 Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

kukejar.com - Para pembaca Klik Cara mulut merupakan organ yang cukup sensitif. Banyak gangguan pada mulut yang bisa sangat mengganggu, seperti gigi kuning, plak dan lain- lain. Salah satu yang terparah adalah saat mengalami gusi bengkak.

Mengalami gusi bengak tentunya sangat menggangu dalam melakukan aktivitas karena gusi bengkak memberi efek sakit, bicara, makan dan minum akan terasa sakit.

Untuk mengatasi gusi bengkak, ada cara yang dapat diikuti tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam memakai produk yang tidak tepat.

Ilustrasi Wanita Mengalami Gusi Bengkak

Berikut 10 Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

1.Berkumur air garam hangat

Berkumur dengan air garam merupakan cara tradisional yang terbukti ampuh meredakan rasa sakit selama beberapa saat. Air garam sendiri merupakan salah satu zar antiseptik melawan kuman. Kumurlah air garam dengan air hangat selama beberapa kali, setelah itu kumur dengan air bersih.

2. Hidrogen peroksida atau baking soda
Anda juga bisa membuat obat alami kumur sendiri dengan mencampurkan air dengan hidrogen peroksida atau baking soda. Obat kumur tersebut bisa mengurangi rasa sakit di gusi. Berkumurlah beberapa dalam kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri di mulut.

3. Minum banyak air
Minum air dalam jumlah yang banyak dapat membuat mulut menghasilkan air liur yang lebih banyak. Selain sangat baik dalam pencernaan, air liur yang banyak juga bermanfaat dalam membunuh kuman dan bakteri dalam mulut. Jadi ketika gusi anda sakit, perbanyaklah minum air umtuk menjaga kebersihan mulut dari dari sarang bakteri dan kuman.

4. Memijat Gusi
Anda bisa memijat bagian gusi yang sakit dengan telunjuk jari yang bersih. Gosok gusi dengan gerakan melingkar dari awal garis gusi. Pijatan-pijatan pada gusi dapat membuat sirkulasi darah meningkat dan membantu proses penyembuhan.

5. Hindari makanan penyebab plak dan konsumsi vitamin C

Sebaik mungkin anda menghindari makanan-makanan yang dapat menempel pada gusi dan membangun plak seperti roti putih dan sebagainya. Sebaliknya anda harus banyak-banyak mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah banyak seperti sayuran segar dan buah-buahan.

6. Sikat Gigi Teratur

Jangan lupa menyikat gigi secara teratur untuk menjaga kebersihan mulut dan membantu proses penyembuhan yang lebih cepat.

7. Menggunakan sirih

Ambil 15 gram daun dan akar sereh lalu campurkan dengan 20 gram kunyit dan garam secukupnya lalu direbus dengan 500 cc, selanjutnya disaring dan airnya untuk berkumur atau bisa juga diminum.

8. Propolis
Teteskan ekstrak propolis ke dalam mulut. Biarkan setidaknya satu menit sebelum dibilas dengan air.

9. Kumur dengan air perasan lemon

Peras satu buah lemon ke dalam segelas penuh air hangat. Kumur dengan larutan ini selama beberapa menit 2-3 kali sehari.

10. Minyak cengkeh dan lada hitam
Minyak cengkeh merupakan obat-obatan tradisional yang digunakan sejak dulu kala dalam mengobati infeksi gusi bengkak. Caranya dengan mengusapkan minyak cengkeh dengan sedikit lada hitam untuk membantu meredakan rasa sakit pada gusi.

Terima kasih telah membaca 10 Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak. Semoga dengan artikel diatas dapat mengatasi masalah yang sedang anda rasakan.

Comments
0 Comments

Google+ Followers