Home » » 10 Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat

10 Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat

kukejar.com - Sariawan adalah penyakit mulut yang sangat mengganggu. Sariawan timbul akibat kekurangan vit c serta kurangnya minuman. Saat mengalami sariawan banyak hal menjadi sangat sulit dilakukan. Selain makan, sangat sulit juga untuk berbicara dengan seperti biasanya.

Selain cara-cara umum yaitu dengan abothil dan sudah menambah mengonsumsi vitamin c, berikut adalah cara alami mengobati sariawan agar dapat kembali merasakan kenyamanan saat berbicara dan juga makan.

Ilustrasi Menderita Penyakit Sariawan
 1  Air Garam
Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam tiga kali sehari dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

 2  Tomat
Kombinasi vitamin A dan C dalam tomat berguna untuk memelihara kesehatan gigi, gusi dan dapat mengobati sariawan. Mempercepat sembuhnya luka, mencegah penyakit skorbut, mencegah pendarahan pembuluh darah halus, menjaga organ pengelihatan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan reproduksi. (Lihat juga : 10 Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak)

Jika tidak menyukai memakan mentah buah tomat anda dapat mengoilahnya dalam bentuk jus.

 3  Daun Kemangi dan Kunyit
Mengunyah 4-5 lembar daun kemangi dan air minum. Cara ini efektif untuk meredakan nyeri sariawan dan segera menyembuhkan. Bisa juga mengoleskan ramuan pasta yang terbuat dari tumbukan kunyit dicampur dengan satu sendok teh gliserin. Oleskan pasta ini dibagian luka.

 4  Air kelapa
Air kelapa merupakan minuman energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme Anda dan meredakan rasa lelah. Manfaat air kelapa pada sistem pencernaan seperti membersihkan racun dari tubuh. juga dapat memberi efek yang baik bagi pencernaan dan air kelapa juga dapat mengabati telapak kaki pecah-pecah dan Sariawan.

 5  Daun jambu biji
Daun jambu biji Ini adalah salah satu cara mudah dan dapat di terapkan dirumah yang dapat menyembukan sariawan secara alami. Caranya anda kunyah daun jambu biji beberapa lembar dan berkumur dengan air putih yang bersih.

 6  Baking Soda
Campur baking soda dengan air yang dijadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mengurangi rasa sakit.

 7  Buah pisang dan madu
Buah pisang dan madu murni memiliki kandungan basa yang relatif rendah. Dapat mengkondisikan tubuh kita agar bersifat sedikit basa. Konsumsi buah pisang dan madu asli secara teratur dapat mengobati sariawan.

 8  Minum vitamin
Karena penelitian menunjukkan sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kekurang vitamin B. Vitamin C, asam folat dan zat besi seperti sereal, kalkun, ham, biji wijen, brokoli, gandum dan telur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga berperan dalam mencegahan dan penyembuhan sariawan.

 9  Daun Kemangi dan Kunyit
Mengunyah 4-5 lembar daun kemangi dan air minum. Cara ini efektif untuk meredakan nyeri sariawan dan segera menyembuhkan dengan cepat. Bisa juga mengoleskan ramuan pasta yang terbuat dari tumbukan kunyit dicampur dengan satu sendok teh gliserin. Oleskan pasta ini dibagian luka.

 10   Minum yogurt
karena Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.

Terima kasih telah membaca 10 Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat. Segera terapkan cara diatas. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang mengalami sariawan.

Baca juga : 10 Cara Alami Mengobati Flu dan Batuk
Comments
0 Comments

Google+ Followers