Home » » 10 Cara Alami Menurunkan Kolesterol

10 Cara Alami Menurunkan Kolesterol

kukejar.com - Penyakit kolestrol disebabkan oleh banyaknya kandungan minyak yang kita makan. Kolestrol juga disebabkan banyaknya lemak,saat terkena kolestrol kebanyakan orang terasa sangat tidak nyaman dan juga sering merasa tegang karena adanya kandungan tersebut.

Kolestrol juga akan menyerang jika seseorang sudah beranjak tua, dan akan mengurangi aktifitas seseorang dan tentunya tidak memberikan kebebasan lagi apalagi bagi anda yang mempunyai pribadi yang aktif.

Mengobati kolestrol selain ke dokter tentu saja dapat sahabat klik cara lakukan dengan cara alami serta aman bagi tubuh karena tidak mempunyai efek samping. Cara tersebut dapat anda lakuakan dengan beberapa tips di bawah ini.


Ilustrasi Orang Tua Menurunkan Kolestrol
Berikut 10 Cara Alami Menurunkan Kolesterol

 1  Alpukat
Buah ini memiliki manfaat luar biasa karena sangat kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Alpukat mengandung asam folat, serta berbagai macam vitamin yang sangat baik bagi kesehatan, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol darah.

Bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi, konsumsilah satu buah alpukat setiap hari.

 2  Konsumsi jeruk
Jeruk mengandung pektin yang mampu menyerap kolesterol dalam perut dan mengeluarkannya sebelum kolesterol tersebut tercampur dalam darah.

 3  Menurunkan berat badan
Salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi adalah dengan menurunkan berat badan. Obesitas merupakan salah satu alasan utama penyebab kolesterol tinggi.

Berat badan dapat memperbesar kemungkinan terserang tekanan darah tinggi, meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan kolesterol baik dalam tubuh. Jadi sangat penting untuk menjaga berat badan Anda agar tetap seimbang dan proporsional.
(Lihat juga : 10 Cara Alami Diet Sehat Turunkan Berat Badan)

 4  Berhenti merokok
Jika Anda termasuk salah satu orang yang menderita tekanan darah atau memiliki trigliserida tinggi, menghentikan kebiasaan merokok dapat menjadi cara terbaik untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Tembakau berdampak buruk bagi kesehatan sebab dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

 5  Olahraga setiap hari
Olahraga dapat mengurangi kolesterol jahat, trigliserida dan tekanan darah. Berolahraga secara rutin atau melakukan aktivitas fisik paling tidak 30 menit setiap hari dapat membantu membakar lemak dan kalori.

Hal ini juga merupakan cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat dan menurunkan berat badan.

 6  Minum teh hijau
Teh hijau merupakan cara alami untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Teh hijau menurunkan lemak jahat (LDL) dan menyeimbangkan kadar kolesterol tinggi.

Teh mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penumpukan kolesterol jahat di pembuluh darah.

 7  Sertakan kedelai
Menyertakan produk kedelai dalam menu makanan Anda sehari-hari dikenal mampu mengurangi kolesterol dalam tubuh serta mengontrol tekanan darah tinggi.

 8  Kontrol gula darah
Sangat penting untuk mengontrol kadar gula darah Anda. Gula darah yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

 9  Regular check up
Ini adalah salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lakukanlah check up secara rutin untuk mengetahui kadar kolesterol Anda.

 10  Makanan rendah lemak
Ada beberapa makanan yang menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Misalnya Psyllium sekam, beras merah, ikan sarden, pistachio, gandum, apel adalah jenis makanan yang mengurangi kadar kolesterol. Jadi sebaiknya konsumsilah makanan tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Terima kasih telah membaca 10 Cara Alami Menurunkan Kolesterol. Semoga dengan cara diatas dapat membantu menurunkan kolestrol anda.

Baca juga : 10 Cara Alami Mengobati Asam Urat

Comments
0 Comments

Google+ Followers