Home » » 10 Cara Mencegah Penyakit Ginjal

10 Cara Mencegah Penyakit Ginjal

kukejar.com - Banyak penyakit yang menyerang organ metabolisme kita dapat menyebabkan kematian. Dari penyakit jantung, kanker paru-paru, dan yang terparah adalah jika terserang gagal ginjal.

Ginjal merupakan organ yang memfilter zat yang tidak berguna dalam tubuh. Jika ginjal tidak sehat maka akan sangat berbahaya bagi tubuh secara keseluruhan. Jika seseorang menderita gagal ginjal, selain tranpalasi, satu-satunya cara agar dapat bertahan hidup adalah dengan cuci darah. Namun cara ini masih kurang berhasil dalam memperpanjang usia penderita.

Sebelum terserang penyakit ginjal, sahabat klik cara sebaiknya mengubah pola hidup sehat agar kesehatan organ vital terjaga. Banyak cara agar dapat mencegah penyakit ginjal. Salah satunya dengan cara alami di bawah ini.
Ilustrasi Ginjal dalam tubuh
Berikut  10 cara mencegah penyakit ginjal

1. Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi kronis merupakan salah satu penyebab paling umum terjadinya gagal ginjal akut pada laki-laki dan perempuan dewasa.

2. Suplemen bawang putih
Tanyakan pada dokter mengenai kemungkinan untuk mengambil suplemen bawang putih. Suplemen ini dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan cepat.

Namun, pada saat yang sama, suplemen bawang putih dapat menghambat kemampuan penggumpalan darah, sehingga harus diminum di bawah pengawasan dokter.

3. Berhenti merokok
Asap rokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal.

Jika Anda berhenti merokok, selain dapat mencegah terjadinya gagal ginjal, juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Pemeriksaan x-ray
Bicaralah dengan dokter mengenai penyakit ginjal yang diderita sebelum melakukan berbagai jenis pemeriksaan x-ray.

Mungkin Anda perlu minum obat khusus sebelum melakukan pemeriksaan x-ray untuk mencegah x-ray merusak ginjal.

5. Berhenti minum alkohol
Menghindari atau berhenti minum alkohol dapat mengurangi ketegangan pada ginjal.

Minuman alkohol memaksa ginjal bekerja keras, sehingga menghindari alkohol dapat mencegah terjadinya gagal ginjal.

6. Minum banyak air putih
Meskipun ginjal sudah mengalami kerusakan, namun biasanya masih bisa memproses air putih. Cobalah untuk minum air putiih minimal delapan gelas setiap hari.

7. Pemeriksaan darah dan urin
Kunjungi dokter dan lakukan pemeriksaan darah dan urin secara rutin. Pemeriksaan ini akan melihat adanya masalah pada ginjal yang muncul meskipun tanda dan gejalanya belum nampak atau dirasakan.

8. Mengurangi makanan yang mengandung lemak
Lemak sendiri dianggap sebagai menyuplai penyakit kolesterol dalam tubuh dan dapat mempengaruhi ginjal karena darah yang meningkat

9. Berat Badan
Perhatikan berat badan sehingga Anda dapat terhindar dari obesitas.

10. Olah Raga Teratur
Lakukan olah raga secara rutin dan teratur. Olah raga yang teratur -tidak terlalu berat- akan lebih berdampak positif bagi tubuh dibandingkan dengan olah raga berat namun tidak teratur. Misalnya Anda bisa melakukan jalan santai setiap pagi atau bersepeda 1-2 jam setiap mingguh.

Terima kasih telah membaca 10 cara mencegah penyakit ginjal. Semoga artikel diatas dapat menjauhkan anda dari penyakit gagal ginjal.

Baca juga : 7 Cara Alami Mengobati Penyakit Asma
Comments
0 Comments

Google+ Followers