Home » » 10 Cara Mudik yang Aman dan Nyaman

10 Cara Mudik yang Aman dan Nyaman

kukejar.com - Mudik adalah hal yang menyenangkan di saat liburan khususnya di hari raya. Sebab anda bisa bertemu dengan sanak saudara yag berada di kampung halaman. Namun disisi lain mudik juga menyimpan banyak cerita buruk. Mulai dari antrian penumpang bagi anda yang berkendaraan umum, hingga banyaknya tingkat kecelakaan saat musim mudik tiba.

Mudik dengan aman tentunya menjadi target semua orang. Khususnya bagi sahabat klik cara yang harus menempuh perjalanan yang jauh saat mudik. Maka berikut cara mudik yang aman dan nyaman yang bisa anda terapkan pada mudik lebaran kali ini.
Ilustrasi Mudik Bersama Keluarga
 1  List Barang yang Di Perlukan
Mendaftar seluruh barang bawaan yang diperlukan. Sebaiknya Anda membawa bawang bawaan yang seperlunya saja. Hal ini untuk menghindari kelebihan muatan yang pada akhirnya akan merepotkan Anda sendiri.

 2  Mengecek Kondisi Kendaraan 
Jangan lupa mengecek kondisi kendaraan jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Jangan ragu untuk membawanya ke bengkel sehingga kendaraan bisa dipastikan aman digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Siapkan pula suku cadang kendaraan dan sejumlah peralatan yang mungkin diperlukan selama perjalanan. Misalnya ban cadangan, dongkrak, obeng, busi, sekring, tali rem, tali kopling dll.

 3  Pamitan dengan RT dan Tetangga
Pamit dengan ketua RT dan tetangga Jangan lupa juga untuk pamitan dengan ketua RT dan tetangga. Titipkan rumah kepada tetangga dan Anda juga harus melaporkan kepergian pada ketua RT. Bila perlu, Anda bisa membayar satpam untuk menjaga rumah selama Anda mudik khusunya pada malam hari. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan rumah walaupun ditinggal mudik oleh Anda.

 4  Pelajari Rute Perjalanan
Ketahui rute perjalanan Sebelum mudik, Anda harus mengetahui rute mana yang akan dilewati. Selain itu, selama perjalanan Anda juga harus terhubung dengan media informasi agar mendapatkan info terkini mengenai arus mudik. Jika Anda mudik mengguankan mobil pribadi, maka nyalakan radio untuk terus memantau arus mudik.

 5  Istirahat Ditempat yang telah disediakan
Istirahat di posko mudik Menjelang Idul Fitri, banyak posko yang didirikan untuk tempat peristirahatan para pemudik. Jika merasa lelah dalam perjalanan, maka Anda bisa memanfaatkan posko tersebut. Istirahatkanlah tubuh dahulu selama 2-3 jam. Hal tersebut tentunya bertukuan untuk menghindari kecelakaanakibat kelelahan dalam pejalanan.

 6  Membawa P3K
Sediakan P3K. Minimal pastikan Anda membawa obat anti mabuk, obat sakit kepala, minyak angin, Obat flu dan batuk obat luka, obat sakit maag.

 7  Membawa Peta
Jangan lupa membawa peta sehingga Anda mudah mendapatkan berbagai info yang dibutuhkan selama perjalanan. Misalnya letak pom bensin, mushola atau masjid, rumah makan, posko lebaran, bengkel, dll.

 8  Mempersiapkan Kondisi Tubuh
Persiapkan kondisi tubuh sebaik mungkin dan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Pastikan Anda tidak mengantuk jika harus menyetir sendiri. Dan yang tidak kalah penting patuhi rambu-rambu lalu lintas selama di perjalanan dan Lengkapi dengan sarana hiburan semisal DVD player, MP3 player, buku bacaan, dan sejenisnya

 9  Membawa Bekal
Membawa bekal makanan dan minuman yang diperlukan. Lengkapi pula dengan kantong plastik untuk tempat sampah sementara.

 10  Membawa Alat Komunikasi
alat komunikasi semisal handphone. Pastikan membawa baterai cadangan atau charger dan pulsa cukup tersedia.

Terima kasih atas kunjungannya dan telah membaca 10 Cara Mudik yang Aman dan Nyaman. Semoga artikel diatas dapat memberi arah yang baik untuk perkalanan mudik anda.

Baca juga : 10 Cara Alami Mengobati Flu dan Batuk
Comments
0 Comments

Google+ Followers