Home » » Cara Alami Mengobati Penyakit TBC

Cara Alami Mengobati Penyakit TBC

kukejar.com - Penyakit TBC atau Tubecolosis adalah penyakit menular. Banyak dari seseorang yang terserang TBC harus menjalani pengobatan rutin dan tak boleh putus minum obat.

Salah satu pengobatan yang dilakukan para penderita penyakit TBC adalah berobat 6 bulan, dimana penderita tidak boleh putus minum obat yang diberikan dokter. Obat tersebut sangatlah banyak dan sangat menyesakkan jika harus dikonsumsi terus menerus. Namun telah menjadi tahap pengobatan yang harus di jalani.

Namun selain pengobatan medis, mengobati TBC dengan cara alami juga bisa membantu dalam penyembuhan. Sahabat klik cara dapat mengetahui gejala dan cara alami mengobati TBC.
Ilustrasi Wanita Menderita Penyakit TBC
Sebelum anda melakukan cara mengobati penyakit TBC anda harus mengtahui gejalanya terlebih dahulu.

Berikut gejala yang ditimbulkannya :
1. Batuk terus-menerus dan berdahak selama tiga pekan atau lebih.
2. Dahak yang keluar bercampur darah
3. Sesak nafas dan rasa nyeri pada dada
4. Demam/meriang lebih dari 30 hari
5. Berkeringat di malam hari tanpa mengetahui sebabnya
6. Badan loyo/lemah dan lesu
7. Nafsu makan menurun
8. Terjadi penurunan berat badan
    Jika anda kedokter untuk memastikan terkena TBC atau tidak, tim medis melakukan diagnosis dengan mengadakan pemeriksaan dahak secara mikroskopis langsung (BTA) dan gambaran radio logis.

    Berikut Cara Alami Mengobati Penyakit TBC

    1. Kulit manggis memiliki efek anti bakteri yang dapat menghambat dan membunuh perkembangan mikroorganisme seperti Mycobacterium tuberculosis (penyebab TBC) dan Staphylococcus aureus(penyebab infeksi dan gangguan pencernaan). Ekstrak kulit manggis juga dipercaya dapat mengobati arthritis, asma, Alzheimer, alergi, dyspepsia(gangguan pencernaan), jerawat, dan eksim.
    Kulit buah manggis juga bersifat sebagai antijamur. Aktivitas antijamur hasil isolasi xanthone yang berasal dari kulit buah manggis dan beberapa derivate mangostin terhadap jamur Fusarium oxysporum, Alternaria tenuis, dan Dreschrela oryzae dapat menghambat pertumbuhan semua jamur.

    2. Daun Sirsak juga punya manfaat baik untuk TBC. Salah satu manfaat yang dapat diambil dari daun sirsak untuk pengobatan TBC ialah kemampuannya dalam sistem kekebalan tubuh (imunitas). Biasanya orang yang menderita TBC tubuhnya lemah dan rentan terkena penyakit lainnya, disinilah manfaat daun sirsak berperan yaitu dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh agar penderita TBC tidak akan mudah terserang penyakit lain sehingga dapat membantu proses penyembuhan.

    3. Menjaga standar hidup yang baik, dengan pola makan yang teratus dan memakan makananan bergizi, lingkungan disekitar kita harus sehat agar terhindar dari berbagai virus dan berolahraga secara teratur.

    Terima kasih telah membaca Cara Alami Mengobati Penyakit TBC. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda.

    Baca juga : 10 Cara Alami Mengobati Flu dan Batuk
    Comments
    0 Comments

    Google+ Followers