Home » » 10 Cara Cepat Mengatasi Rasa Cemas

10 Cara Cepat Mengatasi Rasa Cemas

kukejar.com - Mengalami perasaan cemas memang sangatlah manusiawi. Kecemasan tentunya bisa melanda siapa saja, dalam kondisi tertentu. Namun tidak semua orang yang merasa cemas memiliki kadar kecemasan yang wajar, di saat tertentu kecemasan yang sering muncul bisa saja menjadi suatu kebiasaan yang buruk.

Saat kecemasan telah menjadi ekstrem tentunya akan bisa lebih mengkhawatirkan. Mengunjungi dokter menjadi salah satu solusi terbaik, namun hal tersebut tidak akan berguna tanpa melatih diri mengontrol perasaan ini.
Ilustrasi Wanita Mengalami Kecemasan 
Nah, berikut akan anda dapatkan berbagai cara untuk mengatasi rasa cemas yang berlebihan.

    Berikut 10 Cara Mengatasi Kecemasan    

 1  Berhenti minum kopi
Minuman kopi atau apapun yang mengandung kafein seperti teh, minuman soda, dan berbagai minuman ringan lainnya merupakan salah satu pemicu timbulnya rasa cemas. Adanya kandungan kafein pada minuman tersebut akan meningkatkan rasa gelisah yang berlebih serta mengganngu kualitas tidur anda. Sehingga hal-hal tersebut akan sangat berpengaruh pada timbulnya rasa cemas dalam menghadapi sesuatu.

 2  Kurangi kandungan gula pada makanan
Mengurangi kandungan gula dalam makanan juga akan sangat bermanfaat. Gula juga bisa menaikkan emosi secara cepat dan tak terkontrol. Hal tersebut termasuk dengan rasa cemas, sebab dengan adanya emosi yang berubah-ubah maka rasa cemas akan mudah muncul.

 3  Kurangi minuman beralkohol
Alkohol merupakan salah satu penyebab terganggunya sistem syaraf anda. Banyak orang beranggapan saat mengalami stress maka alkohol dapat membantu dalam mengurangi perasaan tersebut. Namun sbaliknya, menurut pendiri Soberistas Lucy Rocca, alkohol mengganggu sistem saraf pusat, menyebabkan kurangnya konsentrasi, penurunan gula darah, perubahan tingkat serotonin, perubahan suasana hati, dan peningkatan denyut jantung. Sehingga dengan mengonsumsinya secara berlebih maka aian sangat berpoteni mempengaruhi rasa cemas anda.

 4  Kurangi menonton berita
Walaupun secara umum banyak orang yang mengatakan bahwa acara berita tentunya bisa menambah informasi dan penetahuan, namun sebenarnya berita hanya menyampaikan hal-hal yang buruk yang terjadi setiap hari. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya bagi kondisi saraf dan emosi anda, sehingga jika sering menonton berita maka kecemasan secara bertahap akan terus muncul.

 5  Jogging
Olahraga tentunya selalu ,menjadi solusi untuk kesehatan jasmani maupun rohani anda. Termasuk solusi untuk mengatasi kecemasan anda. Para peneliti di Princeton menemukan bahwa otak tikus yang berolahraga memiliki respon yang berbeda terhadap kecemasan daripada otak tikus yang malas bergerak. Tidak hanya latihan merangsang pembentukan sel-sel otak baru, olahraga juga bisa sangat bermanfaat untuk melatih menenangkan jiwa.

 6  Meditasi
Meditasi juga akan sangat berguna bagi kesehatan rohani dan tentunya mengatasi kecemasan. Para peneliti di Wake Forest menemukan bahwa kecemasan berkurang secara signifikan bagi seseorang yang melakukan meditasi selama 20 menti per hari. Anda bisa bermeditasi sendiri atau menghadiri kelas meditasi. Jika ingin melakukannya sendiri maka sebaiknya anda melakukannya dengan jadwal rutin tiap harinya.

 7  Yoga
Dari 35 percobaan di St Elizabeth Medical Center, 25 mencatat penurunan yang signifikan dalam stres dan kecemasan setelah menambahkan program yoga dalam terapi mereka. Kombinasi pernapasan dan perhatian yang terfokus dapat membantu untuk memperlambat pikiran yang bercabanh kemana-mana. Pertimbangkan untuk melakukan yoga setidaknya beberapa kali dalam seminggu.

 8  Jangan berpikir gila dan nekad
Memiliki pikiran dan ide yang kreatif merupakan hal yang baik. Namun jangan terjebak dengan pikiran kreatif tersebut, sebab bisa saja menjadi pikiran yang gila dan nekad. Kita semua memiliki pikiran-pikiran gila, menurut Dr Leahy, namun jika berlebihan akan menjadi maslaah bagi kecemasan yang berlebih.

 10  Belajar menjadi penonton
Pikiran adalah bagian dari kita, tapi tidak semuanya harus dimiliki. Itu sebabnya ketika anda sedang bermeditasi tujuannya untuk menjaga pikiran Anda agar bisa mengontrolnya. Jika pikiran dan rasa cemas muncul maka belajarlah untuk menjadi penontondari pikiran dan raa cemas anda. Jadikan itu hanya tontonan bukan suatu hal yang harus dicemaskan.

Rasa cemas memang sangat mengganggu namun jangan sampai hal itu menguasai anda. Semoga tips menghilangkan rasa cemas yang berlebihan berguna bagi sahabat kukejar.

Baca juga : 10 Cara Kreatif Mengungkapkan Rasa Cinta
Comments
0 Comments

Google+ Followers