Home » » 10 Tips Mengatasi Perselisihan Antar Saudara

10 Tips Mengatasi Perselisihan Antar Saudara

kukejar.com - Menjadi oang tua tentunya gampang-gampang susah. Apalagi jika telah memiliki anak lebih dari satu, maka bukan hanya dalam mengurusi serta mendidik mereka, namun kesulitan terbesar adalah saat mereka terlibat pertengkaran. Orang tua tak seperti seorang wasit dalam keluarga, sebab persaingan antar saudara bagaimanapun sangat sulit untuk dihindari.

Apalagi jika orang tua harus memperlakukan mereka sesuai usia mereka, hal tersebut akan menambah perselisihan serta persaingan antara si bungsu dan si sulung. Lalu bagaimana dengan anak tengah? Jika anda masih bingung maka tips di bawah ini adalah solusi untuk mengatasi perselisihan serta persaingan antar saudara.
Ilustrasi Pertengkaran Antar Saudara
Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi persaingan antar saudara dalam keluarga Anda.

 1  Perlakukan setiap anak sama
Sibling rivalry atau persaingan antar saudara itu wajar dan terbilang normal. Apalagi jika anak tersebut memiliki usia yang tidak jauh berbeda dan memiliki jenis kelamin yang sama. Jangan lah pernah berpikiran untuk melihat usia mereka, dengan menyuruh si sulung untuk selalu mengalah. Namun perlakukan mereka dengan sikap yang sama. Walaupun keduanya ada yang benar dan salah , atau ada yang lebih unggul anda tetap harus adil dalam memperlakukan mereka.

 2  Berikan setiap anak giliran untuk mendapatkan perhatian penuh dari anda
Jadwalkan waktu anda untuk melakukan hal bersama dengan anak anda secara terpisah menurut kegemaran mereka. Hal tersebut akan membuat mereka berpikir bahwa mereka sama pentingnya dengan saudara nya. Selain itu tidak ada diantara mereka yang akan merasa tersisihkan dalam persaingan saudara tersebut.

 3  Hindari untuk membandingkan mereka
Setiap anak tentunya memiliki kelebihan masing-masing. Cobalah untuk fokus pada kelebihan masing-masing anak. Janganlah mencoba untuk membandingkan kelebihan mereka dengan saudaranya. Sebab dengan melakukan hal tersebut akan menimbulkan persaingan yang lebih lanjut dan akan mempengaruhinya hingga dewasa nanti.

 4  Bimbinglah mereka agar dapat mengontrol emosi
Pada sibling rivalry, seorang anak pastinya akan merasakan emosi yang kurang baik seperti marah, iri hati dan rasa benci. Jika sebagai orang tua dapat membimbing mereka untuk mengontrol emosi tersebut maka akan sangat baik bagi anak anda untuk mengelola perasaan buruk tersebut pada saudaranya.

 5  Ajari anak anda untuk menyelesaikan konflik tanpa kehadiran anda
Tunjukkan dan bmbing anak anda untuk pandai menyelesaikan konflik dengan saudaranya tanpa kehadiran anda. Hal itu dapt mengajarkan anak anda untuk menjadi dewasa dalam mengambil solusi dalam setiap perselisihan mereka.

 6  Pujilah anak anda saat mereka bermain bersama tanpa konflik
Memberikan perhatian positif pada anak anda tentunya akan sangat berguna. Ada saat anak anda tidak mengalami konflik dengan saudaranya dan mereka bermain bersama. Saat itu berilah pujian yang positif agar dalam benak mereka tertanam bahwa orang tua mereka akan sengan jika mereka berbaikan dan bermain bersama.

 7  Bersikap adil
Adil dalam hal ini adalah memastiakn anak anda untuk mendapatkan perlakuan baik, hak istimewa serta tugas yang sama rata sesuai kemampuan mereka. Jika anda memperlakukannya dengan adil maka anak anda juga akan belajar adil pada saudaranya dan merasa diperhatikan secara sama oleh orang tua mereka.

 8  Memperkuat perilaku positif
Perkuatlah setiap perilaku positif yang dilakukan anak anda . sebab dengan memperkuat hal positif yang mereka lakukan maka akan menjadi kebiasaan mereka menerapkannya.

 9  Biarkan anak-anak memilah perbedaan kecil sendiri
Biarkanlah mereka untuk berkompromi satu sama lain dalam memilah perbedann dalam keseharian mereka. Hal tersebut dapat sangat membantu dalam menata hidup mereka nanti di masa depan.

 10  Tidak memihak
Walaupun anda tahu mengenai siapa yang bersalah dalam setiap perselisihan, cobalah untuk tidak meihak salah satu diantara mereka. Berikanlah nasehat dimana keduanya merasa pantas untuk mendapatkan hukuman dari hal yang mereka lakukan.

Memiliki anak lebih dari satu itu memang punya tantangan, namun janganlah berputus asa dan langsung memperlakukan anak dengan keras. Berikanlah kesadaran bahwa memiliki saudara itu anugrah, mereka bukanlah saingan dan orang untuk diajak berselisih. Selamat mencoba.

Baca juga : 10 Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi
Comments
0 Comments

Google+ Followers