Home » » Cara Menghilangkan Phobia dan Rasa Takut Pada Anak

Cara Menghilangkan Phobia dan Rasa Takut Pada Anak

kukejar.com - Setiap orang tentunya memiliki rasa takut pada sesuatu. Apalagi pada anak, rasa takut dan phobia bisa terjadi pada apa saja, seperti hantu, monster dan hal-hal lainnya. Sebagai orang tua tentunya anda wajib untuk dapat menghilangkan dan mengatasi rasa takut yang berlebihna tersebut. Boleh saja takut, namun jika telah berlebihan hal tersebut akan berbahaya bagi perkembangan psikologis seorang anak.

Oleh karena itu sebelum rasa phobia dan rasa takut itu telah mengakar pada jiwa anak anda, maka anda perlu cara yang baik untuk mengatasinya.
Ilustrasi Anak yang Ketakutan
Berikut Cara Menghilangkan Phobia dan Rasa Takut Pada Anak

1. Memahami rasa takut anak
Rasa takut muncul pada anak dalam usia yang berbeda-beda. Rasa takut kadang muncul saat anak terlalu bnayak berimajinasi terhadap sesuatu, misalnya saat berada pada tempat yang gelap seorang anak merasa takut karena membayangkan berbagai hal yang tiba-tiba muncul saat berada di tempat gelap. Oleh karena itu anda harus memahami rasa takut anak anda berdasarkan usia mereka, jika pada usia anak memang banyak berimjinasi, maka menjadi tugas anda untuk memahamkannya.

2. Berbagi dan berbicara tentang rasa takut anak pada anda
Saat merasa takut anak anda tentunya mencari seseorang yang bias meredakan dan dijadikan sebagai pelindung pada rasa takutnya. Sebagai orang tua anda harusnya menjadi teman bicara saat mereka merasa takut. Cobalah untuk membuatnya bercerita mengenai rasa takutnya, sehingga hal tersebut dapat di bagi dengan anda Pahamkanlah bagaimana rasa takut itu, serta beritahu pula bahwa anda juga pernah merasa takut sehingga hal tersebut tidak perlu terlalu dikhawatikan. Dengan cara tersebut anak akan merasa diperhatikan. Empati ini pasti akan memperkuat ikatan Anda dengan anak Anda saat ia mulai percaya bahwa Anda peduli dan prihatin tentang perasaannya .

3. Hindari nasehat yang salah
Janganlah memrahi dan menasihati anak seolah-olah dirinya lah orang yang paling penakut. Seperti , “Jangan takut seperti ank bayi”, “orang lain tidak takut” dan semacamnya. Hal itu mungkin akan meredakan rasa takutnya tapi hanya memindahkannya pada rasa takut yang lain yaiut anda sendiri. Cukup katakana bahwa takut itu tidak apa-apa sepanjang dapat diatasi.

4. Jangan mengolok-olok rasa takut anak

Jika anak anda bercerita tentang rasa takutnya, hindari untuk mengolok-olok rasa takutnya itu. Sebab jika anda mengolok-oloknya maka anda hanya akan memperburuk kondisi kejiwaannya . Selain itu anak anda akan menambah kecemasannya terhadap sesuatu. Oleh karena itu seperti cara yang telah di utarakan tadi anda hanya harus sering berbagi dengannya.

5. Memaksa melakuakn hal yang ia takuti
Janganlah memaksa anak anda untuk melakukan hal yang membuatnya takut. Hal tersebut hanya menambah rasa phobia anak. Berikanlah ia waktu untuk terbiasa mengatasi rasa takutnya sebelum ia harus melakukannya. Sebab rasa takutnya secara perlahan akan dapat diatasi tanpa harus dipaksa.

6. Hindari menonton acara TV yang menakutkan
Saat anak anda selalu menonton tayangan TV yang menakutkan anda haruslah mengontrolnya. Anda harus memberikan pemahaman mengenai perbedaan fiksi dalam tayangan TV serta realitas. Kebanyakan rasa takut muncul sebab banayk menyaksikan hal-hal yang sebenarnya tidak terjadi di dunia nyata.

7. Pastikan anak merasa dicintai
Jika anak anda merasa bahwa anda sangatlah mencintainya, maka iapun merasa bahwa anda akan selalu ada untuk dirinya. Hal itu tentu saja dapat mengatasi rasa takut.

Terima kasih telah membaca Cara Menghilangkan Phobia dan Rasa Takut Pada Anak. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk mengatasi rasa takut anak anda. Selamat Mencoba...!!!

Baca juga : 10 Tips Mengatasi Perselisihan Antar Saudara
Comments
0 Comments

Google+ Followers