Home » » Macam-Macam Penyakit Kulit

Macam-Macam Penyakit Kulit

Kulit adalah bagian yang paling sensitif pada tubuh manusia, sehingga banyak sekali macam-macam penyakit kulit yang sering menyerang setiap orang. Namun, karena terletak dibagian luar tubuh, gangguan atau penyakit pada kulit sering dianggap sepele oleh semua orang. Penyakit Kulit sering menyerang orang dewasa, tetapi tidak jarang juga jika anak-anak terkena penyakit kulit seperti gatal-gatal, dan bintik-bintuk merah. Padahal jika dibiarkan bisa merembet ke bagian kulit tubuh lain.

Macam-Macam Penyakit Kulit


Karena itu Anda perlu mengenali apa saja macam-macam penyakit kulit yang sering dialami setiap orang, diantaranya adalah :

1. Herpes

Herpes merupakan salah satu penyakit kulit, gejala seseorang terkena penyakit kulit Herpes Zoster adalah ditandai dengan kesemutan, kulit sensitif, dan kulit terasa seperti terbakar. Tanda-tanda pertama adalah timbulnya sedikit ruam yang kemudian melepuh dan membuat kulit terasa perih. Biasanya penyakit ini berlangsung selama dua bulan.

Penyakit kulit ini sering menyerang bagian batang tubuh dan bokong atau bisa juga muncul di bagian kulit tubuh lainnya. Pada sebagian orang, penyakit ini bisa di sembuhkan tetapi sebagian orang lainnya ada juga yang susah cara menyembuhkannya. Cara mengatasi penyakit kulit jenis ini adalah dengan pengobatan antivirus, steroid, dan juga antidepresan.

2. Hives

Namanya memang hampir mirip dengan penyakit kulit herpes tadi, tetapi Hives ini biasa ditandai dengan biduran yang merupakan reaksi alergi yang disertai dengan rasa gatal dan kulit serasa seperti terbakar, sehingga dapat menimbulkan bekas. Biduran dapat muncul di bagian tubuh mana saja, penyebabnya bisa karena banyak faktor, diantaranya adalah dengan penggunaan obat, makanan, suhu yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh, dan juga infeksi.

3. Psoriasis

Penyakit kulit jenis ini tidak bersifat menular, ciri-ciri orang yang terkena penyakit kulit jenis ini adalah bentuk tubuh seperti plak merah tebal disertai dengan sisik putih yang menutupi bagian tersebut. Biasanya psoriasis muncul di bagian kulit kepala, sikut, lutut, dan juga punggung bagian bawah.

Penyebab pasti penyakit kulit ini belum diketahui secara jelas, namun ada seorang dokter yang pernah menjelaskan bahwa penyakit ini memicu sel kulit berkembang lebih cepat. Walaupun penyakit kulit ini tidak berbahaya, tetapi perlu Anda ketahui bahwa penyakit kulit ini dapat diderita seumur hidup.

4. Eksim

Penyakit kulit eksim ini ditandai dengan kulit merah, kering, dan timbulnya rasa gatal yang berlebih. Penyebabnya adalah iritasi terhadap beberapa produk sabun, adanya alergi, stress, dan sensitif pada iklim tertentu. Eksim biasa terjadi pada siku dan tangan, atau di bagian tubuh yang lentur.

5. Kutil

Penyakit Kulit ini sudahlah sangat umum jika diderita oleh setiap orang. Kutil sering muncul dibagian jari atau tangan, penyakit ini dapat menular melalui virus karena adanya kontak antara orang yang menderita kutil dan juga karena menggunakan sesuatu secara bersamaan.

Cara mengatasinya pun tidaklah terlalu sulit, Anda hanya perlu menutupi kutil menggunakan perban dan menjaga kutil agar tetap kering. Penyakit kutil ini tidaklah berbahaya dan juga tidak menimbulkan rasa sakit, yang terpenting adalah dapat menghilang dengan sendirinya.

Dari beberapa macam penyakit kulit diatas, memang sangat mudah sekali ditemukan di kalangan masyarakat. Dan dari semua jenis penyakit kulit diatas dapat diambil kesimpulan bahwa penyakit kulit umumnya terjadi karena disebabkan oleh kurangnya perawatan kesehatan yang baik dan juga tidak memperhatikan keadaan lingkungan. Karena itu mulailah hidup sehat dari sekarang agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Comments
0 Comments

Google+ Followers