Home » , » 6 Cara Alami Menghentikan Anak Sering Ngompol

6 Cara Alami Menghentikan Anak Sering Ngompol

kukejar.com - Anak-anak memang memilki kebiasaan ngompol di malam hari saat tidur. Namun batas usia anak mengompol itu tentunya hingga 7 tahun paling lama, dan jika anak anda masih mengompol di atas usia tersebut maka sebaiknya anda mengatasi kebiasaan buruk itu agar tidak berlangsung lama. Selain memereiksakannya ke dokter, sebab ngompol terkadang terjadi karena adanya kelainan pada kandung kemih anak, anda juga bisa mengatasinya secara alami dengan ramuan alami di bawah ini.
Ilustrasi Anak yang Sering ngompol
Berikut 6 cara aalami yang sering digunakan jika anak sering ngompol

1. Buah Jamblang


Ambil 8 buah biji buah juwet/duwet/jamblang dan garam secukupnya, kemudian bungkus buah jewel dan garam tersebut dengan daun pisang, tanak atau kukus sampai airnya mendidih. Saat menjelang tidur berikan buah jambang tersebut kepada anak kita yang mengalami ngombol. Niscaya anak kita tidak akan ngompol lagi.

2. Adas Pulasari

Siapkan 4 buah adas pulasari, 7 biji buah juwet/duwet/jamblang (potong kecil-kecil) dan sepotong gula jawa. Cara mengolahnya, rebuslah bahan-bahan ramuan tersebut dengan air kira-kira dua cangkir sampai mendidih. Setelah dingin berikanlah kepada anak yang mempunyai kebiasaan mengompol, dengan dosis setengah cangkir menjelang tidur, lakukan dengan rutin hingga 3-4 hari berturut-turut.

3. Tulang Cumi

Ambil 10 gram tulang cumi dan 5 butir ginkgo biloba (dipecahkan kulitnya lalu ambil isinya), keduanya disangrai dengan air garam secara terpisah lalu sisihkan. Tambahkan 2 butir cengkeh + 1/2 jari kayu manis + 5 butir angco (kurma Tiongkok), semua bahan direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 150 cc. Diminum saat hangat-hangat kuku.

4. Rosa multifona thumb

Ambil 30 gram akar tumbuhan Rosa multifona Thumb dimasak dengan daging sapi has sampai dagingnya matang. Air hasil rebusannya diminumkan kepada anak dan dagingnya juga diberikan untuk dimakan.

5. Biji Kucai

Ambil 10 gram biji kucai + 5 butir ginkgo biloba (dipecahkan kulitnya lalu ambit isinya, disangrai dengan air garam sampai kekuningan), direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 150 cc. Airnya diminum saat hangat-hangat kuku.

6. Telur Ayam Kampung

Ambil sebutir telur ayam kampung segar, lalu lubangi salah satu ujungnya dan masukkan 7 butir lada ke dalamnya. Tutup lubang tadi dan rebus atau kukus sampai matang. Berikan pada anak yang suka ngompol.

Nah, itulah beberapa cara agar anak anda dapat berhenti mengompol. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anak anda.

Baca juga : Cara Menghilangkan Phobia dan Rasa Takut Pada Anak
Comments
0 Comments

Google+ Followers