Home » , » Tips Mencegah Berat Badan Kembali Naik

Tips Mencegah Berat Badan Kembali Naik

kukejar.com - Memiliki berat badan yang normal sudah menjadi dambaan semua orang. Tapi kebiasaan yang sering kita jalani sangat susah untuk mengontrol berat badan. Ternyata lebih mudah melakukan cara menurunkan dan menambah berat badan dari pada mempertahankan badan yang ideal.

Tapi dengan adanya panduan yang mudah untuk diterapkan anda akan sangat mudah melakukan hal yang ingin anda lakukan. Misalanya menjaga keseimbangan berat badan supaya tidak turun dan tidak naik.
Ilustrasi mengukur berat badan
Berikut cara agar berat badan tidak kembali naik.

  1. Pertama yang mesti dilakukan menkonsumsi makanan yang sehat. Hilangkan kebiasaan yang memakan makanan yang berkalori tinggi seperti junk food, fast food serta minuman yang manis.
  2. Atur pola makan seimbang. Gunakan karbohidrat kompleks, pilihannya bisa nasi beras merah atau beras unpolished (tidak dislip), kentang rebus pakai kulit, havermoot, roti whole grain.
  3. Makanlah dengan porsi kecil, sehari bisa makan 6-7 kali dengan porsi kecil dan diselingi makan buah-buahan jika lapar.
  4. Makan dengan pelan usahakan mengunyak makanan sampai halus agar makanan yang masuk di tubuh anda akan cepat terproses dan perut akan terisi penuh serta dapat mengurangi kembung.
  5. Setelah makan jangan langsung minum, tetapi tunggu setengah jam, baru kemudian minum. Kalaupun ingin minum jus, sebaiknya minum jus tanpa memakai gula.
  6. Tentukan target penurunan berat badan 5-10 persen dari berat badan saat ini. dalam jangka waktu 3-6 bulan. Jangan turun terlalu cepat karena akan lebih mudah naik lagi dan sulit untuk diturunkan.
  7. Kenali makanan yang dikonsumsi dengan membuat buku harian atau food diary ditambah exercise diary.
  8. Dianjurkan untuk mengurangi makananan yang sering kita konsumsi sebanyak 250-500 kalori perhari.
  9. Jangan melakukan diet terlalu ketat.
  10. Usahakan olahraga yang teratur. Lakukan lompat tali, pust up, sit up dan jogging. Jika anda merasa itu berat makan berjalan kaki 30 - 40 menit.
  11. Melancarkan aliran darah dengan cara memijat refleksi pada bagian tertentu guna untuk mencegah kaku pada bagian otot.
Terima kasih telah membaca cara mencegah berat badan naik atau menjaga berat badan tetap ideal. Semoga dengan tips diatas anda dapat memiliki berat badan yang normal.

Baca juga : 10 Tips untuk Ngemil Sehat

    Comments
    0 Comments

    Google+ Followers