Home » , » 4 Cara Mengobati Kulit Alergi Secara Tradisional

4 Cara Mengobati Kulit Alergi Secara Tradisional

kukejar.com - Apakah Anda pernah mengalami alergi? Ya, alergi merupakan suatu bentuk reaksi tubuh terhadap suatu kondisi karena ketidakcocokan dengan kondisi atau keadaan tubuh tersebut. Ada beberapa cara mengobati kulit yang alergi secara tradisional. Tanda-tanda alergi itu sendiri biasanya berupa bintik-bintik berwarna merah yang terasa gatal, hingga panas di kulit. Pada umumnya tubuh sendiri akan meningkatkan daya tahan atau imunitas dari dalam, ketika masuknya substansi asing ke dalam tubuh. Akan tetapi jika terlalu banyak merespon substansi tersebut, tubuh akan mengalami hiper-sensitivitas berupa alergi.
Mengobati Kulit Alergi
Ilustrasi Mengalami kulit alergi
Munculnya alergi sendiri bisa disebabkan oleh makanan laut seperti kepiting, udang, kerang, bisa juga disebabkan oleh pengaruh obat-obatan tertentu, selain itu bulu hewan, dan virus bisa memicu timbulnya alergi ini. Lalu, bagaimana cara mengobati kulit yang alergi dan gatal itu sendiri? Nah, ini dia cara mengatasi gangguan alergi pada kulit secara tradisional berikut ini:


1. Ramuan jahe kuning. 
Anda bisa mengatasi alergi dengan menggunakan ramuan jahe yang biasa digunakan sebagai bahan rempah-rempah dan bumbu masakan. Siapkan jahe kuning sebanyak 1 potong, minyak kayu putih 1sdm, daun sirih 6 lembar. Campur semua bahan yang sebelumnya sudah dicuci terlebih dahulu, lalu haluskan dengan cara ditumbuk. Setelah itu, usapkan pada bagian kulit tubuh yang alergi. 

2. Ramuan kapur sirih dan asam jawa.
Cara mengobati kulit yang alergi ke dua adalah siapkan sebanyak 3 potong asam jawa matang, kapur sirih 1/4 sendok, garam secukupnya dan 3 gelas air. Rebus semua bahan-bahan yang telah tersedia tadi sampai mendidih lalu biarkan hingga airnya tinggal setengahnya lagi. Kemudian dinginkan, lalu saring dan konsumsi sebanyak dua kali sehari. 

3. Ramuan temulawak. 
Temulawak juga berkhasiat untuk mengatasi alergi pada kulit tubuh. Caranya yaitu siapkan terlebih dahulu madu, 3 rimpang temulawak dan 3 gelas air. Setelah itu, potong temulawak kecil-kecil (sebelumnya telah dicuci bersih). Kemudian rebus hingga matang dan airnya tersisa setengahnya. Lalu diamkan beberapa menit, kemudian di saring. Saat akan diminum tambahkan madu secukupnya, dan hidangkan selagi hangat. Konsumsi air rebusan temulawak tadi secara rutin sebanyak dua kali sehari dan untuk satu kali minum sebanyak 2 sdm air rebusan tadi. 

4. Ramuan daun Kelor
Selain dijadikan makanan atau sayuran Daun kelor juga menjadi salah satu cara untuk mengobati kulit alergi. Krena memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kulit. Caranya sangat mudah pertama - tama sediakan daun kelor sebanyak 30 gram, 1 siung bawang merah, 5 gram ada, 5 gram polusar dan 3 gelas air putih. Setelah bahan sudah ada, semua bahan tersebut di rebus dengan air yang 3 gelas tadi. Setelah di masak mungkin akan tersisa 2 gelas ramuan. Kemudian saring ramuan tersebut, dan minum airnya dua kali sehari, 1 gelas di pagi hari dan 1 gelas di sore hari.

Nah, itulah cara tradisional mengatasi kulit gatal akibat alergi untuk Anda yang mengalami alergi. Cara mengobati kulit yang alergi dan gatal di atas bisa Anda coba secara rutin agar alergi tak kunjung datang. Banyak faktor yang menyebabkan kulit alergi misalnya, air, makanan, udarah dan linggungan yang tidak cocok dengan kulit anda. Jadi lebih baik anda mengetahui lebih cepat penyebab kulit alergi, agar anda dapat mencegahnya. 


Comments
0 Comments

Google+ Followers