Home » , » 5 Cara Merawat Kelinci Dengan Baik dan Benar

5 Cara Merawat Kelinci Dengan Baik dan Benar

kukejar.com - Kelinci adalah salah satu hewan mamalia yang banyak sekali penggemarnya. Tidak hanya dari kalangan anak kecil saja. Orang dewasa hingga orang tua pun juga menyukai hewan kecil nan imut ini. Bahkan kelinci sekarang sudah banyak menarik perhatian orang untuk dibudidayakan. Sebenarnya cara merawat kelinci sendiri tidaklah terlalu sulit. Hanya saja tingkat pertumbuhan kelinci terlalu cepat karena hewan ini termasuk hewan yang mudah berkembang biak jika dirawat dengan baik.
Cara Merawat Kelinci
Ilustrasi Kelinci sehat
Untuk cara merawatnya, berikut ini ada beberapa cara yang benar dan baik memelihara kelinci.


1. Bersihkan kandang kelinci secara teratur

Jika kandang jarang sekali dibersihkan maka dikhawatirkan kelinci akan mudah terkena penyakit. Kelinci mudah sekali terkena jamur apalagi di bagian telinga dan hidungnya. Selain itu, buat kandang yang cukup terbuka supaya sinar matahari dapat masuk dan tidak lembab yang menyebabkan jamur pada kelinci. Dan buat pijakannya lubang-lubang supaya kotorannya bisa langsung jatuh ke bawah.


2. Cara merawat kelinci yang benar berikutnya adalah buat kandang dengan ukuran yang cukup
Minimal kandang berukuran 50x50 cm. Buat tempat makanan dan minumannya sendiri dengan ketinggian yang cukup bisa dijangkau oleh kelinci supaya tidak terinjak-injak.


3. Kandang yang luas untuk beranak
Kelinci yang sudah siap beranak, sebaiknya tempatkan di kandang yang lebih luas. Siapkan pula kotak kecil dengan diberi rerumputan kering supaya hangat dan sebagai tempat untuk anak kelinci yang baru lahir.


4. Makanan kelinci selain wortel juga bisa diberi rumput atau kangkung
Sayuran lainnya juga bisa. Selain itu bisa juga diberi makan pelet yang biasa dijual di toko-toko hewan. Usahakan untuk pilih sayur yang layu kecuali jika kelinci makan sendiri saat dilepas.


5. Beri makan dengan jadwal yang teratur 

Waktu yang tepat adalah di sore hari dari pukul 18.00 hingga 07.00 pagi. Karena kelinci biasanya makan sepanjang malam hari. Siang hari tetap boleh diberi makan tapi secukupnya saja.

Itulah beberapa cara merawat kelinci dengan benar agar kelinci dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Jika perlu, Anda bisa memeriksakan kelinci ke dokter spesialis hewan untuk memeriksakan kesehatannya. Karena kelinci adalah binatang yang juga mudah terkena penyakit. Salah satunya adalah jamur yang sudah disebutkan tadi dan jika kelinci terserang jamur, kelinci bisa mati. Oleh karena itu, perlu sekali Anda merawat kelinci Anda agar tumbuh dengan sehat.

Comments
0 Comments

Google+ Followers