Home » , » 5 Cara Merawat Laptop Agar Awet

5 Cara Merawat Laptop Agar Awet

kukejar.com - Tidak banyak yang tahu mengenai cara merawat laptop yang benar. Laptop sekarang ini sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Baik untuk membantu mengerjakan tugas sekolah maupun pekerjaan kantor. Perlu sekali mengetahui bagaimana caranya merawat laptop. Karena jika rusak, bisa-bisa harga untuk memperbaiki laptop lebih mahal daripada harga saat kita beli. Adapun beberapa cara merawat laptop yang benar dan tepat agar laptop tidak mudah rusak. 
Cara Merawat Laptop
Ilustrasi Perawatan Laptop
Berikut 5 cara merawat laptop agar tahan lama dan bebas dari loading.

1. Jangan download file sembarangan
Cara merawat laptop yang pertama adalah jangan mendownload file dengan sembarangan. Banyak sekali software atau aplikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu program. Akan tetapi ada baiknya jika tidak terlalu tergoda menginstal beberapa software atau aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting.

2. Install antivirus
Sekarang ini ada banyak sekali antivirus yang sudah canggih dan mampu membasmi serta melindungi laptop dari serangan virus yang berbahaya. Pilih antivirus yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Hindari laptop dari benda cair
Selanjutnya cara merawat laptop hindari laptop jangan sampai terkena tumpahan benda cair seperti minuman. Karena hal ini merupakan faktor utama menyebabkan laptop menjadi rusak. Jadi sebaiknya hindari benda cair di sekitar laptop Anda agar tidak tertumpah.

4. Gunakan cooling pad atau kipas pendingin
Pasang kipas pendingin tambahan atau cooling pad dengan tujuan supaya laptop Anda tetap terjaga suhunya. Meskipun laptop umumnya sudah memiliki kipas pendingin di dalamnya, namun ada baiknya jika Anda menambahkan cooling pad lagi. Jangan sampai komponen yang ada di dalam laptop Anda rusak karena suhu panas apalagi jika suhu ruangan juga panas.

5. Hindari meletakkan barang di atas laptop
Biasanya orang sering kali meletakkan barang seperti buku di atas laptop setelah laptop tidak digunakan. Padahal hal ini bisa merusak layar LCD laptop. LCD laptop bisa retak atau pecah dan mati. Jadi hindari meletakkan barang berat di atas laptop agar laptop tidak mudah rusak.

Ada banyak sekali cara merawat laptop yang tepat dan benar supaya laptop tidak mudah rusak. Jika rusak di komponen tertentu, harganya bisa jadi lebih mahal daripada harga belinya. Oleh karena itu, sebagai pemilik laptop wajib bagi kita untuk menjaga dan merawat laptop dengan baik. Meskipun harganya sekarang sudah banyak yang murah, akan tetapi manfaat dan kegunaan laptop sangatlah banyak.

Terima kasih telah membaca 5 cara aman agar leptop terus terjaga. Semoga dengan tips diatas laptop anda tahan lama.

Comments
0 Comments

Google+ Followers