Home » , » 5 Tips dan Cara Merawat Kucing

5 Tips dan Cara Merawat Kucing

kukejar.com - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai oleh manusia. Tidak hanya anak kecil saja. Dari usia dewasa hingga tua banyak yang menyukai hewan lucu satu ini. Kucing memiliki jenis yang banyak. Dari beberapa jenis tersebut memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Akan tetapi, tahukah Anda bagaimana cara merawat kucing yang baik dan benar? Bagi Anda yang baru memiliki hewan peliharaan kucing. 
Cara Merawat Kucing
Ilustrasi kucing peliharaan yang terawat
berikut ini ada beberapa tips bagaimana caranya merawat kucing yang benar.


1. Beri makanan secukupnya saja
Cara merawat kucing yang pertama yaitu jangan berlebihan dalam memberikan makanan untuk kucing Anda. Beri sesuai dengan takarannya dan usahakan untuk selalu mengganti makanannya secara teratur dan hindari memberikan makanan yang sudah lama. Hal ini supaya kucing terhindar dari obesitas karena takaran makanan yang tidak pas sesuai dengan kebutuhan.

2. Pilih jenis makanan kering
Makanan kering lebih praktis dan dapat membantu membersihkan gigi kucing. Apagila kucing sudah terbiasa makan makanan yang basah, usahakan untuk selalu memberikan makanan yang sesuai dengan takarannya. Jika ada sisa, simpan di dalam kulkas. Dan hangatkan ketika akan diberikan ke kucing jadi suhu makanan tidak dingin.

3. Bersihkan tempat makanan kucing
Cara merawat kucing selanjutnya yaitu usahakan untuk selalu membersihkan tempat makanan kucing dengan teratur. Hal ini supaya kucing bisa makan makanan yang sehat dan bersih. Jika ada sisa makanan, terutama basah, sebaiknya dibuang. Dan beri makanan pada jam-jam tertentu supaya kucing terbiasa dengan jam makannya.

4. Beri pasir di kotak kotorannya
Hal ini supaya dapat terserap dengan cepat kotorannya. Dan segera ganti pasir dengan yang baru setiap harinya. Jangan lupa juga untuk selalu memandikan kucing minimal 1 bulan 3 kali atau seminggu sekali dengan menggunakan shampo khusus kucing. Sisir bulunya setiap hari agar dapat memisahkan bulu yang rontok.

5. Lakukan vaksinasi
Hal ini supaya kucing dapat terhindari dari beberapa penyakit. Sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter hewan secara berkala.

Demikianlah beberapa tips dan cara merawat kucing yang benar. Pada dasarnya merawat kucing hampir sama dengan merawat hewan peliharaan lainnya. Hanya saja yang berbeda adalah pada penerapan menjaga makanannya. Kucing tidak bisa diberi makan yang basah terus, bisa sesekali diberi makanan yang kering. Selain itu, kandang juga harus bersih agar kucing tidak mudah terserang penyakit.

Comments
0 Comments

Google+ Followers