Home » , » 8 Cara Mengobati Gatal di Kulit Kepala Akibat Ketombe

8 Cara Mengobati Gatal di Kulit Kepala Akibat Ketombe

kukejar.com - Penyebab gatal-gatal dikulit kepala biasanya disebabkan oleh ketombe maupun debu atau kotoran yang menempel pada kulit kepala. Gatal-gatal dikulit kepala ini sangat mengganggu, karena itulah dibutuhkan cara mengobati gatal dikulit kepala. Sebenarnya, penyebab ketombe itu sendiri bisa dikarenakan faktor stress, kotoran, atau juga dari makanan. Akan tetapi, jika dibiarkan lama-kelamaan justru bisa membuat kulit kepala menjadi tidak sehat. Bagaimanapun juga, kita tidak ingin ketombe terus mengganggu kesehatan kulit kepala kita sendiri, bukan? 
Mengobati Gatal di Kulit Kepala
Ilustrasi Wanita mengalami ketombe

Nah, Anda jangan khawatir karena dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara menghilangkan gatal-gatal dikulit kepala akibat ketombe tersebut. Sudah penasaran ya? Yuk, simak cara mengobati gatal di kulit kepala berikut ini:

1. Garam
Percaya atau tidak, garam yang biasa digunakan sebagai bahan masakan di dapur ini bisa mengatasi gatal-gatal dikulit kepala lho! Adapun caranya sangat mudah, yaitu tinggal menaburkan sedikit garam ke kulit kepala yang gatal, kemudian gosok secara perlahan, diamkan sebentar. Lalu bilas dengan menggunakan air hingga bersih. 

2. Jus Lemon
Lemon, tak hanya baik untuk kecantikan dan kesegaran tubuh. Jus lemon itu sendiri bisa digunakan untuk menghilangkan gatal-gatal di kulit kepala Anda. Caranya yaitu teteskan dua sendok makan perasan atau jus lemon ke kulit kepala. Setelah itu pijat perlahan kulit kepala, lalu bilas dengan air hingga bersih. Anda bisa menggunakannya secara rutin untuk hasil yang maksimal. 

3. Cuka apel
Cara mengobati gatal di kulit kepala selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Anda cukup mencampurkan cuka apel dan air lalu oleskan sedikit demi sedikit pada kulit kepala dan bilas dengan air hingga bersih. 

4. Air dingin
Mencuci rambut dengan air dingin justru lebih efektif mengembalikan kelembaban di kulit kepala. Karena, ketombe disebabkan keringnya area kulit kepala sehingga menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala itu sendiri. 

5. Minyak jojoba
Sudah sering kita mendengar khasiat dari minyak jojoba ini. Selain mampu melembabkan kembali kulit kepala, minyak ini juga berkhasiat mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Anda bisa memanfaatkan minyak jojoba ini dengan mengoleskannya pada kulit kepala yang gatal diikuti pijatan halus secara perlahan, lalu bilas dengan air hingga bersih. Anda bisa menggunakan ramuan ini secara rutin seminggu sekali untuk mengobati rasa gatal di kulit kepala. 

6. Menyikat Rambut
Cara mudah untuk membersihkan rambut dari ketombe ialah menyikat dengan denagn sisir yang bersih. Karena dengan menggunakan sisir dapat menghilangkan serpihan ketombe pada rambut. Tapi jika anda ingin menyikat rambut anda pertama - tama pijat kepa menggunakan ujung jari agar ketombe yang berada di kulit kepala bisa di bersihkan dengan cara menyikatnya.

7. Relaksasi
Ternyata berpikir yang keras, mengalami kepusingan atau stress dapat pula menyebabkan ketombe. Jadi usahakan anda tetap santai dan tenang saat menghadapai masalah dan sebaiknya anda memperoleh tidur yang jukup agar saraf - saraf anda tidak tegang.

8. Bawang Putih
Bawang putih tidak hanya berguna untuk bumbu atau penyedap masakan. Ternyata sangat baik pula untuk menghilangkan ketombe pada rambut. Karena bawang putih mengandung antibiotik yang dapat menghilangkan bakteri pada kulit kepala.

Ya, itulah 5 cara mengobati gatal di kulit kepala akibat ketombe secara alami. Anda bisa mencobanya secara rutin di rumah agar gatal-gatal di kulit kepala tak lagi menyerang Anda. Semoga tips diatas dapat berguna bagi anda dan keluarga.


Comments
0 Comments

Google+ Followers