Home » , » Bagaimana Cara Melatih Otak Kanan Kita Dengan Benar?

Bagaimana Cara Melatih Otak Kanan Kita Dengan Benar?

kukejar.com - Cara melatih otak kanan agar kita bertambah kreatif sebenarnya tidaklah sulit. Kita dapat melatih otak kanan kita dengan cara yang sangat simpel dan sederhana sekali dan dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila orang cenderung lebih baik di salah satu sisi otak saja maka otak yang satunya tidak dapat bekerja dengan maksimal. 
otak kanan
Ilustrasi Melatih otak kanan
Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa cara dan tips untuk melatih otak kanan kita.

1. Sering berbicara dan bercerita dengan orang
Tentunya kita sering sekali bercerita dan berbicara dengan orang-orang di sekitar kita. Di saat kita sedang berbicara dengan orang lain, pastinya kita mengeluarkan emosi empati. Selain berbicara dan bercerita, menulis sebuah cerita juga dapat melatih otak kanan kita.

2. Mendengarkan musik
Otak kanan menunjukkan sisi kreatif dan imajinasi. Cara melatih otak kanan adalah dengan mendengarkan musik sehingga otak kanan mendapatkan latihan yang sehat. Musik dapat menghubungkan emosional serta daya kreatif seseorang dengan membayangkan suatu gambar maupun cerita yang ada keterkaitan dengan musik.

3. Menulis dengan menggunakan tangan kiri.
Mungkin hal ini terbilang sulit terutama bagi yang terbiasa menggunakan tangan kanan. Akan tetapi menurut penelitian, menulis dengan menggunakan tangan kiri atau orang kidal lebih banyak memiliki daya kreatif yang tinggi. Anda dapat mencobanya tanpa harus membuat tulisan tangan Anda bagus.

4. Berjalan tidak seperti biasanya di rumah
Cara melatih otak kanan selanjutnya yaitu Anda dapat berjalan mundur dengan mengayunkan lengan ke kaki terdekatnya, tidak secara bergantian. Lalu coba berjalan dengan mata ditutup. Cara ini dapat melatih otak kanan Anda meski terasa aneh.

5. Melakukan kesenian
Sesekali lakukanlah hal-hal yang berbau kesenian untuk melatih otak kanan Anda. Seperti misalnya menggambar, atau bernyanyi. Anda tidak perlu melakukan hal tersebut dengan baik. Aturlah kreatifitas Anda meskipun hal tersebut tidak masuk akal.
Fungsi dari otak kanan dan otak kiri manusia berbeda. Otak kiri mengatur fungsi logis sedangkan kanan mengatur fungsi emosional dan kretif. Setiap orang menggunakan kedua bagian otak ini untuk melakukan berbagai macam kegiatan dalam keseharian mereka. Akan tetapi banyak orang hanya memiliki kecenderungan pada salah satu sisi saja. Dan yang paling banyak adalah otak kiri. Oleh karena agar kedua bagian otak dapat bekerja dengan seimbang, cara melatih otak kanan tersebut semoga dapat membantu Anda untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitas Anda.

Comments
0 Comments

Google+ Followers