Home » , » Kenali Lebih Dini Penyebab dan Gejala Kanker Kulit Yang Menyerang Kapan Saja!

Kenali Lebih Dini Penyebab dan Gejala Kanker Kulit Yang Menyerang Kapan Saja!

kukejar.com - Kulit merupakan salah satu indera perasa yang sangat peka terhadap lingkungan sekitar, karena kulit sendiri merupakan bagian terluar dari tubuh. Kulit pun berfungsi untuk melindungi tubuh dari sinar matahari, panas, injuri maupun infeksi. Namun, hal yang paling menakutkan jika kita berbicara tentang kanker kulit. Penyebab dan gejala kanker kulit itu sendiri bermacam-macam. Kanker kulit sendiri adalah tumbuhnya sel-sel kanker disekitar lapisan kulit sehingga menyebabkan efek yang sangat buruk bagi kesehatan kulit itu sendiri.
Penyebab dan Gejala Kanker Kulit

Meskipun tidak mematikan, namun kita wajib mewaspadai timbulnya gejala kanker kulit ini. Jika tidak segera diketahui, bisa mengakibatkan keadaan kulit tubuh semakin parah dan sangat menyakitkan. Maka dari itu, pentingnya mengetahui penyebab dan gejala kanker kulit secara dini. Agar kita sendiri bisa mencegahnya, sehingga kita tidak mengalami yang namanya kanker kulit tersebut.
Nah, penasaran bagaimana penyebab dan gejala kanker kulit itu sendiri? Yuk, berikut ini kita simak penjelasannya:
1.  Penyebab kanker kulit.
Penyebab kanker kulit itu sendiri umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung dan sinar ultraviolet. Kedua jenis paparan sinar tersebut bisa merusak kulit hingga mengakibatkan penyakit kanker kulit. Karena sinar matahari yang terlalu banyak diterima oleh kulit hingga bertahun-tahun ini menyebabkan kulit terbakar dan berkembanglah sel-sel kanker pada kulit tersebut. Sehingga sangat dianjurkan bagi kita semua untuk melindungi anak-anak kita dari gangguan paparan sinar matahari secara langsung dimulai sejak dini. Karena kita tak pernah menyadari adanya kanker yang berkembang pada kulit, dan kanker kulit itu sendiri sangat lambat perkembangannya. Selain sinar UV dan sinar matahari, faktor genetik maupun tempat tinggal juga mempengaruhi timbulnya penyakit yang membahayakan bagi kulit ini.
2.  Gejala kanker kulit.
Pada umumnya, kanker kulit tumbuh pada bagian epidermis yaitu lapisan paling luar pada kulit. Kanker kulit ini sebenarnya paling mudah dideteksi pada tahap stadium awal, dan kanker ini juga menyerang sebagian besar orang berkulit putih dibandingkan dengan orang berkulit hitam atau berwarna. Kanker kulit sendiri dibagi menjadi non melanotik dan melanotik atau melanoma. Untuk non melanotik sendiri dibagi lagi menjadi karsinoma sel skuamosa dan basalioma. Nah, kanker yang paling sering terjadi inilah yang disebut basalioma namun perkembangannya sendiri sangat lambat.
Untuk jenis tumor basalioma ini biasanya muncul pada kulit muka, seperti kelopak mata, kulit bibir, hidung, dahi dan sebagainya. Adapun pertumbuhannya diawali dengan bentuk nodul kecil yang berwarna kelabu merah, terkadang karena adanya pigmen warna tersebut kehitam-hitaman. Sedangkan untuk jenis karsinoma sel skuamosa ini merupakan jenis tumor atau kanker yang bisa tumbuh dimana saja. Bentuk awalnya seperti kutil yang bergerombol, lalu tidak beraturan, dan berbentuk seperti benjolan-benjolan hingga berdarah.
Nah, dari penyebab dan gejala kanker kulitdi atas tentunya kita bisa menyimpulkan jika terjadi tanda-tanda kanker kulit yang hampir sama dengan penjelasan di atas. Sehingga kita bisa mengatasinya secara dini agar sel kanker tidak berkembang pesat dan tidak berbahaya!

Baca juga : 4 Tips Menjaga Kelembapan Kulit saat Liburan

Comments
0 Comments

Google+ Followers