Home » , » 4 Cara Menahan Lapar, Haus dan Emosi Saat Berpuasa

4 Cara Menahan Lapar, Haus dan Emosi Saat Berpuasa

kukejar.com - Bagaimana puasa anda sahabat kukejar.com ? semoga puasa anda pada tahun ini diberi kelancaran dan mendapatkan pahala dari Allah SWT, Puasa memang merupakan ibadah yang bisa menguji kesabaran dan menguji kemampuan kita dalam menahan nafsu kita, karena sesungguhnya puasa bukan hanya urusan tidak makan dan minum, melainkan juga mampu menghindari godaan lain seperti godaan mata, godaan telinga, godaan prilaku, atau bahkan godaan untuk kita membatalkan puasa. Tidak mudah memang menahan lapar, haus dan emosi di bulan ramadhan namun semua ada cara dan solusinya untuk kita bisa mengendalikannya dan menghindari perbuatan yang dapat merusak pahala puasa kita.

Siapa yang tidak mau lulus dari segala ujian dan godaan selama puasa, karena di bulan puasa merupakan waktu tertepat untuk kita menebus segala dosa dan melakukan segala sesuatu yang baik, jika kita mampu melewati segala ujian maka insya allah Allah  akan memberikan ganjaran yang setimpal pula. Lalu bagaimana sih Cara Menahan Lapar, Haus dan Emosi saat selama berpuasa saya akan memberikan beberapa caranya kepada sahabat yang sedeng menjalani puasa.

     Cara menahan hawa nafsu saat berpuasa
menahan lapar saat berpuasa
Ilustrasi Menahan Lapar dan Haus

1. Kuatkan tekad dan niat, jika niat kita sudah kuat untuk melakukan puasa karena ridho Allah godaan apapun akan terasa tidak mempan, berpuasa tidak hanya saat didepan orang banyak karena ingin disebut orang baik padahal disaat sepi makan dan minu, berbeda jika anda berpuasa karena niat yang tulus maka anda akan selalu merasa diawasi oleh Allah sekalipun ada kesempatan untuk membatalkan puasa.

2. Pergaulan yang tepat, hindarilah pergaulan yang mengarah negative  carilah teman bermain yang lebih positive, tidak melakukan hal maksiat saat berpuasa dengan cara bergaul dengan orang yang tepat maka godaan anda akan terasa ringan dan akan terbawa kearah positive.

3. Mencari kegiatan yang positive, kegiatan positive akan membantu anda terhindar dari perilaku yang dapat mengurangi pahala puasa dan juga kita akan lupa dengan rasa lapar dengan begitu  kita tidak akan memiliki niat untuk buka di siang hari. Namun ingat kegiatan yang anda pilih juga jangan yang terlalu menguras stamina anda karena bisa berakibat lemas pada tubuh anda atau bisa anda isi dengan tadarusan selain mengisi waktu luang juga dapat mendapat pahal berlipat

4. Jaga emosional, ingat ! jangan samakan perilaku anda saat hari-hari biasa dengan saat anda berpuasa, ingat marah, bicara kasar, bisa merusak pahala kita maka latihlah  diri untuk bisa mengendalikan emosi kita.

Jika anda mampu melakukan tips diatas , insya Allah anda akan bisa terhindar dari semua hawa nafsu yang dapat merusak pahal puasa anda.

Sekian postingan saya kali ini mengenai  Cara menahan lapar, haus dan emosi saat berpuasa semoga dapat bermanfaat bagi sahabat kukejar dan puasa samapai tanpa mengurangi pahalanya.

lihat juga : 10 tips berpuasa bagi penderita maag

Comments
0 Comments

Google+ Followers