Home » , » 5 Cara Mudah Mengatasi Cegukan Pada Bayi

5 Cara Mudah Mengatasi Cegukan Pada Bayi

kukejar.com - Cegukan merupakan hal biasa yang kita alami. Namun jika hal tersebut berlangsung sering dan lama akn membuat kita capke juga. Bahkan cegukan bukan hanya bisa menyerang orang dewasa namun juga pada bayi. Dan jika itu terserang pada bayi anda maka akan sulit untuk menngatasinya sebab mereka belum bisa berbuat apa-apa.

Oleh karena itu beberapa tips di bawah ini merupakan pertolongan pertama untuk tindakan anda saat bayi anda cegukan. 5 cara aman mengatasi cegukan pada bayi.

bayi cegukan
Ilusttrasi Bayi yang Cegukan

 1  Merubah posisi menyusui

Cegukan biasanya disebabkan oleh banyaknya udara yang tidak sengaja tertelan. Saat menyusui terkadang bayi mengalami hal tersebut sebab dia pun tidak bisa menghindarkan hal ini. Oleh karena itu seorang ibu sebaiknya mengubah posisi tidur atau posisi bayi saat sedang menyusui jika tiba-tiba ia terkena cegukan

 2  Memberikan air hangat

Salah satu solusi cepat dalam mengatasi cegukan pada bayi adalah segera memberikannya air hangat agr ia minum. Hal tersebut cukup praktis untuk mengatasi cegukan pada bayi anda.

 3  Sendawa

Jika anda selesai menyusui bayi anda, maka ada baiknya anda melakukan treatment untuk membantu bayi anda agar bisa bersendawa. Hal ini bisa mengeluarkan angin dalam tubuhnya. Anda bisa melakukannya dengan cara mengangkat bayi anda dengan posisi lurus lalu sandarkan pada bahu anda, setelah itu pukul-pukullah punggung bayi anda.

 4  Sandarkan bayi

Jika bayi anda tiba-tiba cegukan, bahkan jika anda sementara menyusuinya, maka penting bagi anda untuk menghentikan aktifitas menyusuinya dan kemudian bisa memberikan treatment dengan menyandarkan bayi adna ke bidang vertikal.

 5  Makan secara teratur

Jika bayi anda telah mengalami masa ASI eksklusif maka akan ada makanan oenunjang baginya. Oleh karena itu berikanlah makanan tersebut secara teratur agar pola makannya baik dan mencegahnya untuk menelan angin tanpa sengaja.

Nah itulah beberapa tips mengatasi cegukan pada bayi. Jika cegukannya lebih dari satu jam maka sebaiknya konsultasikan pada dokter anda.


Comments
0 Comments

Google+ Followers