Home » , , » 12 Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

12 Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

kukejar.com - Tips mencegah bau mulut saat berpuasa. Walaupun ada hadits yang mengatakan bahwa bau mulut orang yang berpuasa lebih baik daripada wangi bunga kesturi, namun banyak sekali orang yang menyalah artikan hadits ini. Yang dimaksud adalah sebab orang berpuasa pasti menahan mulutnya dengan kata-kata yang tidak baik, sehingga dinilai lebih mahal daripada kesturi.

Saat berpuasa tentunya seseorang harus menjaga mulutnya agar tidak bau. Apalagi bagi mereka yang bekerja di tempat umum maka baik kiranya untuk menjaga nya tetap harum. Berikut merupakan tips yang dilansir dari berbagai sumber agar mulut terhindar dari bau saat berpuasa.

mencegah bau mulut
Ilustrasi Wanita Mencegah Munculnya Bau Mulut

 1  Banyak minum air putih

Tips ini mungkin sangat umum, namun merupakan hal wajib untuk selalu mengingatkan anda bagaimana pentingnya air puith untuk tubuh. Sebagaimana diketahui bahwa air putih dapat merangsang meningkatnya produks air liur sehingga kebersihan mulut dapat terjaga dari bau.


 2  Menggosok gigi 

Menggosok gigi secara teratur juga sangatlah penting utamanya jika anda turut menggosok lidah saat menggosok gigi. Bakteri yang menempel pada gigi dan lidahlah yang akan membuat anda mempunyai bau mulut, oleh karena itu dengan menghilangkannya akan membantu anda mencegah bau mulut saat puasa.


 3  Meminum teh hijau 

Teh hijau akan sangat baik bagi anda jika diminum tanpa gula saat sahur dan berbuka. Karena kandungan antioksidannya teh bisa menghilangkan bakteri dan menjaga mulut anda tetap bersih dan terhindar dari bau mulut.


 4  Hindari makanan berbau kurang sedap

Hindarilah untuk memakan makanan yang kurang sedap dan memiliki bau yang tajam seperti petai, jengkol atau durian. Karena baunya bisa bertahan lama dalam mulut anda.


 5  Kurangi merokok 

Kurangilah merokok saat anda berpuasa di saat sahur dan berbuka. Bahkan jika perlu tidak perlu merokok dulu selama bulan ramadhan.


 6  mengonsumsi Yoghurt

Seperti fungsi teh yogurt juga sangat baik dalam menghilangkan bakterimpada gigi serta mulut anda. JIka anda menginsumsi yogurt secara teratur saat sahur dan berbuka akan sangat baik bagi anda dan juga mulut anda.


 7  Memakan Apel, Wortel & Seledri

Semua jenis makanan yang kaya akan serat tentunya akan sangat baik dalam menghindari dan mencegah bau mulut. Beberapa bahan makanan yang mengandung serat baik untuk anda buat jus dan dikonsumsi.


 8  Makanan Kaya Vitamin C

Vitamin C bisa sangat mudah anda dapatkan dalam berbagai buah-buahan. Oleh karena itu mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, melon dan berbagai buahan lainnya akan sangat baik.


 9  Tidak mengkonsumsi makanan yang lengket 

Makanan yang lengket yang dimaksud seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya. Sebab makanan tersebut sangat sulit untuk dibersihkan dari sela-sela gigi anda.


 10  Gunakan obat kumur (mouthwash)

Obat kumur bisa menyempurnakan pencegaha dalam bau mulut. Anda bisa menggunakannya setiap kali menyikat gigi.


 11  Gunakan benang gigi (dental Floss) 

Untuk memastikan sela gigi anda bersih dari sisa makanan yang bisa membusuk dalam mulut, maka gunakanlah benag gigi untuk membersihkan sela-sela gigi anda dari sisa makanan.


 12  Berolahraga ringan secara teratur 

Janganlah menghidar untuk berolahraga saat berpuasa. Tetaplah berolahraga ringa agar zat beracun pada tubuh bisa keluar. Sebab jika ia tidak keluar biasanya ia berubah sangat baud an keluar dari mulut anda.

Seperti itulah artikel mengenai 12 tips mencegah bau mulut saat puasa. Semoga dengan tips diatas sahabat klik CARA dapat terhindar dari bau mulut saat menjalankan puasa.


Comments
0 Comments

Google+ Followers