Home » , , » 5 Cara Menjaga Anak Tetap Aman Saat Internetan

5 Cara Menjaga Anak Tetap Aman Saat Internetan

kukejar.com - Internet kini sudah semakin sering kita dengar, bahkan kini sebagian besar orang tak bisa lepas dari yang namanya internet, semua yang ingin kita ketahui ada di internet, apapun yang kita cari semua terasa mudah dan cepat untuk di akses, semakin berkembangnya dunia maya membuat orang bisa lebih effisien dalam bekerja ataupun belajar namun ternyata internet juga bisa sangat berdampak buruk bagi mental juga kesehatan kita. Jelas kita tentu harus bisa membatasi diri dan pintar memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik.

Tapi apa jadinya jika yang menggunakan intenet adalah anak-anak, akan sangat sulit membatasi mereka dan akan sulit pula menjelaskan pada mereka untuk bisa memilih yang baik bagi mereka. Oleh karena itu saya akan membagikan tips mengenai 5 cara menjaga anak tetap aman saat internetan. Karena sebagai orang tua kita harus tahu apa yang terbaik buat anak kita maka kita harus lebih pintar dan mampu memproteksi anak kita dari bahaya dampak internet yang kini sudah semakin tidak terbatas lagi .

pengawasan orang tua pada anak saat berinternet
Ilustrasi Anak yang Sedang Menjalankan Internet
Berikut 5 Cara Mengatasi atau Menjaga Anak Menggunakan Internet

 1  Aturan waktu.

Anak biasanya tidak bisa mengkontrol waktu saat bermain internet mereka tidak akan berhenti jika memang tidak ada pengawasan dari orang tua, maka aturlah waktu mereka untuk bermain komputer atau berinternet atau kalu perlu buat jadwal yang jelas bagi anak.

 2  Ajarkan untuk melindungi Privasi.

Anak biasanya tidak begitu paham akan bahayanya menginformasikan data yang bersifat privasi, maka dari itu beri pendidikan atau ajarkan mereka untuk tidak sembarangan menerima pesan dari orang asing, abaikan jika ada yang meminta foto, dan jangan pernah mau jika diajak untuk bertemu di dunia nyata.

 3  Beri Pendidikan Moral dan Agama.

Sebenarnya poin yang satu ini adalah poin terpenting yang sangat fundamental, karena seberapa bebas pun bahaya internet tapi jika dalam diri anak memiliki benteng iman maka tak ada masalah karena anak justru yang bisa memfilternya sendiri.

 4  Aktivkan SafeSearch Filtering.

SafeSearch Filtering adalah penawaran dari Google untuk bisa menyaring kontent-kontent yang memang tidak layak untuk konsumsi anak. Cara ini sangat baik untuk menjaga anak tetap aman saat internetan.

 5  Aktifkan Parental Control pada komputer.

Parental Control adalah fiture yang berfungsi untuk memberikan batasan-batasan meliputi berapa lama komputer bisa hidup, dapat memblok games pada komputer, dan dapat memblok aplikasi yang terdapat pada komputer.

Dengan beberapa tips diatas sekiranya mampu memproteksi anak kita dari bahaya internet yang semakin bebas dan luas, namun tetap yang paling penting adalah pengawasan dan pendekatan orang tua pada anak untuk memberikan karakter positif pada si anak.

Sekian saja artikel saya kali ini mengenai 5 Cara Menjaga Anak Tetap Aman Saat Internetan
semoga artikel atau tips-tips diatas dapat membantu anda para orang tua dan sahabat kukejar.

Lihat juga : Cara Menghilangkan Phobia atau Rasa Takut Pada Anak

Comments
0 Comments

Google+ Followers