Home » , , » 8 Tips Sukses Wawancara Saat Interview Kerja

8 Tips Sukses Wawancara Saat Interview Kerja

kukejar.com - Dalam proses menerima pekerja baru, sebuah perusahaan selalu melakukan test wawancara atau interview bagi setiap pelamarnya, wawancara sangat penting bagi perusahaan untuk mendapatkan pekerja yang benar-benar baik, karena dengan test wawancara perusahaan bisa melihat dan menilai kepribadian atau sikap si pelamar, namun justru bagi banyak pelamar wawancara merupakan bagian seleksi yang menakutkan, karena banyak sekali pelamar yang begitu lancar ditahap awal namun saat wawancara mereka tidak lulus, bahkan  yang memiliki kemampuan atau kecerdasan yang tinggi sekalipun sering gagal pada saat interview, ini membuat orang banyak yang ingin mengetahui bagaimana cara sukses wawancara saat interview kerja tersebut.

Memang sangat sulit saat kita ditanya secara langsung dan dituntut jawaban yang terbaik secara spontan saat di interview, banyak orang salah bersikap dan asal menjawab karena faktor tegang dan tidak tenang, karena mungkin sangat wajar interview adalah tanya jawab langsung yang juga merupakan saat-saat penting untuk menentukan masa depan kita apakah kita bisa lulus dan bekerja atau tidak. Namun semua pasti ada caranya, untuk itu saya akan membagikan tips agar anda mampu maximal saat wawancara kerja

    Cara Sukses Wawancara Saat Interview Kerja     

Wawancara Kerja
Ilustrasi Interview Kerja

 1  Berdo'a.
Anda sudah tahu bahwa poin ini penting, namun justru anda sering melupakan ritual ng satu ini, dengan berdo'a semua hal bisa iterjadi, kita bisa tenagn, mengurangi rasa tegang, dapat dilancarkan saat menjawab, serta memberi aura positiv pada kita jadi berdo'alah terlebih dahulu.

 2  Penampilan.
Jangan anggap penampilan itu tidak dinilai, ada orang yang cuek terhadap penampilan dan beranggapan bahwa ''asalkan jawaban kita bagus dan benar pasti diterima'' itu anggapan salah, penampilan mencerminkan kepribadian dan cara kita kerja, apakah kerja kita rapih dan tertata ? atau hanya bekerja asal beres, jadi perhatikan penampilan. Jadi penampilan menjadi tips ampuh wawancara saat interview kerja.

 3  Ketuk Pintu dan Berjabat Tangan.
Etika penting saat wawancara adalah mengetuk pintu saat masuk ruangan, ini adalah sopan santun yang tak boleh tertinggal, dan berjabat tanganlah, selain untuk salam pertemuan ini juga bisa sedikit mencairkan suasana dan tidak menganggap pewawancara adalah musuh yang perlu kita takuti.

 4  Cara Duduk.
Duduklah dengan tegak, tidak terlalu bersandar juga tidak terlalu depan, jangan cirikan anda tegang saat itu, dan posisi kaki sedikit di buka sebagai tumpuan dan jangan menyilangkan kaki karena anda akan terlihat kurang sopan dan seolah menganggap kurang penting saat sesi interview.

 5  Fokus.
Saat berwawancara jangan sampai rasa tegang malah membuyarkan pikiran anda, konsentrasi dan fokuslah, baik itu dari cara anda memandang, yakni melihat kearah pewawancara, ataupun fokus saat mendengarkan apa yang ditanyakan.

 6  Jangan Terlalu Percaya Diri.
Hindarilah Over Conffidence atau terlalu percaya diri dengan anda seolah sok akrab atau menjawab dengan logat terlalu santai dan menganggap pertanyaan yang diberikan terlalu mudah untuk dijawab. 

 7  Jawab Dengan Jelas.
Teknik menjawab harus juga anda perhatikan, gunakan nada yang tidak terlalu tinggi namun tetap memberikan kesan tegas atau tidak lembek, perhatikan pula intonasi dan artikulasi, jangan karena anda sudah tahu dan yakin dengan apa yang akan dijawab anda menjawab dengan sangat cepat karena ini pun salah jadi berhati-hatilah dengan cara menjawab anda.

 8  Siapkan Jawaban.
Kita tidak tahu apa yang akan ditanyakan, namun siapkanlah pertanyaan yang sering sekali muncul saat diwawancara seperti, Mengapa ingin bekerja disini ? Apa Motivasi kerja disini? Berapa gaji yang diinginkan ? dan beberapa pertanyaan lazim lainya. siapkanlah !

Dengan anda memperhatikan poin-poin tips diatas anda akan lebih maximal mendapat hasil saat wawancara, juga akan terlihat cekatan dan bisa menguasai suasana saat itu. Ingat semua pasti ada caranya. Semoga artikel mengenai Cara Sukses Wawancara Saat Interview Kerja dapat membantu dan bermanfaat bagi sahabat kukejar.com.

Lihat juga : 10 Tips Cerdas agar Lulus Ujian CPNS

Comments
0 Comments

Google+ Followers