Home » » Dirut PT. KAI Meringkuk Di Kereta Ekonomi

Dirut PT. KAI Meringkuk Di Kereta Ekonomi

Dirut PT. KAI meringkuk di dalam gerbong kereta api ekonomi, ini pemandangan langka, tapi ini adalh kenyataannya. Foto Dirut PT KAI Ignasius Jonan yang sedang tidur terlelap di kursi kereta ekonomi, ramai menjadi perbincangan banyak orang. Adalah pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio yang mengabadikan momen tersebut.



"Iya, jadi saat Lebaran saya biasa memantau mudik di Pasar Senen, atau arus balik dari Stasiun Gubeng atau Pasar Turi," kata Agus saat dihubungi merdeka.com, Senin (4/8).

Agus mengaku selama ini kenal akrab dengan Jonan. Saat arus mudik dan balik Lebaran kemarin, keduanya barengan untuk sidak dan memantau langsung pelaksanaan dan persiapan KAI. Stasiun besar di Jawa Timur hampir tak luput dari inspeksinya, sebut saja Stasiun Sidoarjo, Madiun, Gubeng, Pasar Turi, Bangil dan Malang.

Di setiap stasiun pemberhentian, keduanya selalu mengecek kebersihan, kenyamanan dan pelayanan yang diberikan anak buah Jonan kepada calon penumpang.

Agus menceritakan, pada tanggal 31 Juli malam, keduanya sudah menyelesaikan inspeksi di Stasiun Malang. Saat itu kondisi tubuh mereka sangat lelah. Namun tugas kala itu belum selesai, kata Agus, Jonan harus segera balik ke Surabaya untuk memberikan penataran kepada anak buahnya.

Alhasil, berangkatlah keduanya dengan anak buah Jonan ke Surabaya naik Kereta Ekonomi Penataran.

"Kita teler (tidur) jam 9 malam. Sampai Pasar Turi kalau enggak salah jam setengah 12. Kemudian sampai jam setengah 2 rapat," kenang Agus.

Agus menuturkan, di dalam gerbong ekonomi, Jonan berkeliling memantau kondisi penumpang di tiap gerbong. Usai inspeksi di dalam kereta, dia kemudian duduk sendiri menghadap anak buahnya yang duduk di bangku depannya.

Sedangkan Agus duduk di seberang kursi Jonan. Jonan yang diliputi rasa lelah segera memindah posisi duduk, berganti rebahan. Melipat jaket untuk bantal, dan tidur pulas dengan posisi meringkuk seperti posisi tidur penumpang ekonomi pada umumnya.

Sewaktu Jonan lagi asyik bermimpi, Agus bangun dan melihat momen langka tersebut. Dari situlah akhirnya foto Jonan tidur meringkuk berasal.

Ketika hasil keisengannya tersebut diperlihatkan, Jonan tertawa dan menanyakan keusilan rekannya tersebut. "Dia ngakak, kapan ngambilnya?" kata Agus menirukan reaksi Jonan.

Meski mengambil foto dengan angle bagus, Agus mengaku tidak menyebarkan. Menurutnya Jonan yang mengirimnya ke akun salah satu petinggi BUMN.

"Saya tidak sebar. (foto) Dikirim ke Hadi (Pemimpin Redaksi BUMN Track Hadi M Djuraid), karena saya lihat di twitter Hadi. Karena saya kirim ke Jonan," akunya.

Hasil selama pemantauan arus mudik dan balik Lebaran PT KAI, Menurut Agus, di bawah kendali Jonan KAI menjadi transportasi primadona warga untuk bepergian. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan bus.

"Saya sudah tiga tahun ini pantau mudik dan arus balik, khususnya kereta api dan bus. Kalau bus tidak ada kemajuan, pemda tidak mendukung. Kereta bagus. Meski terjadi kenaikan harga tiket, tapi bagi penumpang kan harga tiket bukan jadi masalah, yang penting nyaman tidak macet," ujar Agus.(merdeka.com)


Comments
0 Comments

Google+ Followers